Wednesday, August 05, 2009

Lima Tahap Pekerjaan pada Layanan Ini


Lima Tahap Pengerjaan Layanan Ini

Meski pribadi, tapi saya sharing, dengan pertimbangan untuk tahu cara kerja saya (penilaian Anda tentang saya adalah via blog ini) dan juga untuk berbagi tips cara kerja.

Setelah berjalan kurang lebih 2 tahun, saya sadari pekerjaan saya tahapannya terbagi menjadi 5 tahapan berikut ini:

  1. ON HOLD : ini adalah pekerjaan yang sedang diminta untuk dikerjakan, belum masuk ke proses produksi, namun sedang diteliti feasibilitasnya untuk saya kerjakan. Jika saya nilai tidak bisa saya kerjakan (atau tidak bisa cepat), maka pekerjaan di tahap ini bisa saya tolak untuk tidak saya majukan ke tahap selanjutnya. Pekerjaan yang masuk tahap ini biasanya akan membuat saya melakukan riset hal-hal baru, beberapa koding testing penggunaan teknologi tertentu ataupun pembelajaran suatu algoritma baru.
  2. ON PROGRESS : ini adalah pekerjaan harian yang sedang menunggu proses rampung dengan cepat. Dikerjakan secara marathon, satu kerjaan ON PROGRESS menyusul pekerjaan lainnya. Biasanya tahap ini merupakan tahap dimana ada pertemuan rutin dengan siswa. Namun, ternyata bisa saja, pekerjaan dalam tahap ON HOLD juga membuka peluang bertemu dengan siswa. Pada tahap ON PROGRESS, Begitu proses2 berat diselesaikan, dan tugas hanya sekedar pembelajaran atau menambal yang kurang disana-sini, maka pekerjaan dalam tahap ini akan segera dimajukan ke tahap selanjutnya.
  3. Yaitu, FINAL TOUCH : ini adalah tahap dimana pekerjaan tinggal menunggu penambahan sedikit, berdasarkan konsultasi berkala. Pekerjaan di tahap ini sangat potensial untuk segera diselesaikan dengan cepat.
  4. CLEARED : selesai. Pekerjaan yang tidak membutuhkan supervisi lagi. Ups, ada satu lagi, tahapan terpisah, ...
  5. DORMANT : ini tahap yang tidak diharapkan. Saya terobsesi untuk mengosongkan tahap ini (dan sudah semestinya begitu). Karena, ini adalah tahapan pekerjaan ... tertunda. Entah karena satu dan lain hal. Namun, tidak selamanya Negatif, ada juga yang memang pekerjaan itu menunggu siswa/klien itu sendiri. Misal, seorang siswa yang menunggu 1 bulan lagi untuk belajar Privat Web Service dengan Java, karena sedang mengulang pendadaran. Namun yang negatif, adalah saya yang salah. Pekerjaan yang tidak bisa saya rampungkan (sama sekali, atau terhambat cukup lama). Saat ini, ada 2 pekerjaan karena error saya pribadi. Pekerjaan pertama karena belum dikenalinya tahap ON HOLD. Ini sepertinya segera akan saya Refund. Satu lagi, aspek siswa yang memang terkadang punya hambatan yang tidak bisa saya kenali : misal mahasiswa yang sudah kuliah selama 12 tahun! Duh, kalau saya tidak cermat, yang seperti ini bisa lolos aja dari manajemen. Ups, ada 1 lagi yang dormant : siswa datang, kasih bayaran full, terus menghilang. Dah, ... gitu aja. :)) Saya sampai ingat gara2 cek-cek phonebook HP istri : "wealah, si M****** ini kok ga pernah kesini? Kemana nih?".

Saya terobsesi untuk bekerja dengan lebih baik setiap hari
Semoga bermanfaat!
NB :
  • Btw, di hari ini masih ada keinginan untuk bekerja di kantor lho. Masalahnya, lokasi kerja di Bali, kota saya malahan mungkin. Saya datang sajalah ke Road Shownya. :) Silahkan check disini Mitrais.
  • Hm, takdir saya.. kerja di Bali di kantor, atau di Jogja, di rumah? (hehe, di titik ini saya terpikir2 lagi : takdir itu saya yang tentukan atau Tuhan yang tentukan ? G jelas! :p)

1 comment:

Anonymous said...

very nice info I like that


Get More Details