Monday, March 02, 2020

Dua WNI Yang Terkena Virus Corona Berdomisili di Depok.

Cerita Menkes Terawan soal Kronologi WNI Terjangkit COVID-19

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan salah satu WNI positif terjangkit Virus Corona yang merupakan warga Depok tertular saat berdansa dengan rekannya yang merupakan warga Jepang.

"Jadi dia itu guru dansa dan dia sempat dansa dengan temannya yang merupakan warga jepang," kata Terawan di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (3/3/20).

Warga Depok itu mengalami gejala batuk pada tanggal 14 Febuari lalu dan menjalani rawat jalan di rumah sakit. Selanjutnya 12 hari kemudian, dia dirawat intensif dirumah sakit karena batuk yang tak kunjung reda.

" Tanggal 28 Febuari dia ditelpon dengan teman dansanya dan memberitahu dirawat karena positif terkena Virus Corona,'' kata Terawan.

Presiden Jokowi telah mengumunkan dua WNI positif setelah kontak dengan warga negara Jepang.

Presiden Jokowi Ungkap Penyebab Dua Warga Indonesia Tertular Corona

" Ada orang Jepang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia. Di cek disana ternyata posotif Corona. Tim di Indonesia langsung menelusuri ," kata Jokowi di Istana.

" Ternyata orang yang terkena Virus Corona ini berhubungan dengan dua orang, seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun," ujar Jokowi.

Penelusuran itu, kata Jokowi, dilakukan terhadap siapa saja yang ditemui orang itu serta lokasi pertemuannya dimana saja.

" Dicek oleh tim kita pada posisi yang sakit. Di cek dan tadi pagi saya langsung mendapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu dan putrinya positif Corona,'' katanya

" Posisi Ibu dan Anaknya di Indonesia. Sudah dirumah sakit," Jokowi menambahkannya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Purwanto menyampaikan dua WNI yang yang terjangkit Virus Corona tersebut, saat ini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Pusat.

No comments: