Saturday, February 22, 2020

Musisi Plus Pencipta Lagu Bento, Naniel Yakin Menginggal Dunia

Artis musik legendaris Iwan Fals tampil dalam konser Perayaan Karya untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-55 di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/9/2016) malam.

Musisi Legendaris Iwan Fals menyampaikan duka atas meninggalnya Musisi plus pencipta dari Lagu Bento, Naniel Yakin meninggal dunia. Lewat unggahan dari akun Twitter Iwan Fals menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Naniel Yakin.

"Selamat jalan Naniel, Semoga mendapatkan tempat yang layak disisi-NYA & Keluarga iklas menerimanya, Innalilahi wa innalilahi rojiun," tulis pelantun bento ini.

Naniel meninggal dunia setelah mengidap penyakit komplikasi yang dialaminya dalam beberapa tahun belakangan ini. Sebelum ia meniggal, istrinya lebih dahulu meninggal pada desember tahun lalu.

Pencipta Lagu 'Bento' Naniel Yakin Wafat, Iwan Fals Turut Berduka

Semasa hidup, Naniel sempat bergabung dengan group band Swami yang didirikan pada tahun 1989. Group band beranggotakan dari Iwan Fals, Sawung Jabo, Nanoe, Inissri, Jockie Suryoprayogo, Toto Towel yang disponsori oleh seorang pengusaha Setiawan Djogi.

Sebagian besar dari kelompok ini merupakan kelompok Sirkus Barock yang didirikan diYogyakarta pada tahun 70-an dan dimotori oleh Sawng Jabo, yang terdiri dari Naniel, Nanoe, Inissri, dan Toto Towel.

Nama Swami sendiri berasala dari Bahasa India tapi kemudian namanya diplesetkan dari kata suami karena semua personelnya telah menjadi suami.

Beberapa lagu hit yang sempat dilahirkan oleh group band ini salah satunya Bento dan Bongkar yang menjadi kritik pemerintahan pada masa Order Baru.

Kedua lagu tersebut dalam 150 lagu terbaik versi Majalah Rolling Stone edisi#56 terbitan desember 2009. Lagu "Bongkar" menduduki posisi #1 sedangkan Lagu "Bento" menduduki list ke#10

Berkat lagu kedua ini, album ini sukses dan meledak dipasaran pada zamannya.


No comments: