Sunday, December 30, 2007

Privat Whizkids : Tiga Prinsip Alih Knowledge IT ke Siswa Yunior

Whizkids adalah film Sci Fi (meski cenderung mistis) ttg sekelompok anak jagoan komputer yang dulu membuat saya punya minat dan cintaaa yg dalam kepada Komputer. Hehehe.

Nah, Whizkids saya jadikan title u/ privat bagi siswa yunior saya. Tujuannya u/ mengubah mereka dari Pemakai menjadi Programmer. Saya baru memulai dengan satu siswa, Dik Wawan. Tapi, konsepnya sederhana saja : berusaha mentransfer semua kemampuan programming dan skill IT lainnya yang saya kuasai ke siswa didik.

Prinsip cara kerja privat ini ada tiga :
  1. Menarik minatnya ke komputer.
  2. Mengarahkan aktivitasnya ke aktivitas yang akan bermanfaat untuk penguasaan Software Development.
  3. Memulai basic skill untuk software Development.

Dan, karena menggunakan Ubuntu, maka saya sarankan Anda menginstalasi paket-paket Edubuntu Ubuntu. Sangat membangkitkan rasa penasaran siswa. Anda bisa mulai dengan sekedar TuxPaint (eeh, itu bukan sekedar ya? Siswa bs merasa senang sekali menggambar dengan TuxPaint). Untuk semakin membangkitkan minat dan keheran-heranan siswa, Stellarium atau Celestia bisa dipergunakan u/ mengajarinya tentang Astronomi dan Hukum-Hukum Alam Semesta ciptaan Allah SWT, dengan seketika membangkitkan rasa penasarannya tentang bagaimana Stellarium bs bekerja seperti itu.

Setelah itu, Anda harus mengajarkan skill speed typing kepada mereka. Banyak sekali alat bantu ajar untuk kategori ini, yang pertama mungkin bisa dimulai dengan TuxTyping u/ membuatnya memainkan game sekaligus mempercepat refleks pengetikan kode. Selanjutnya Klavaro bs dipakai u/ tingkat pembelajaran speed typing yang lebih serius.

Selanjutnya u/ memulai basic skill programming, sebenarnya saya ingin langsung mengajarkan membuat Skrip Dengan Gading-18 kreasi saya. Namun, saya mencoba dengan menggunakan KTurtle bawaan Edubuntu. Wah, minggu lalu Dik Wawan sudah bs menggerakkan sang kura-kura hijau u/ membuat kotak di sekitar teks string berisi nilai Variabel C.

Ohya, jangan lupa u/ menyelingi sesi dengan memainkan game LAN (saya menghubungkan Laptop saya dengan komputer Dik Wawan peer-to-peer via Kabel UTP). Pengalaman ini bisa sangat menyenangkan untuk siswa didik. Bayangkan kita berada di satu dunia 3D dan satu sama lain bisa berinteraksi di dunia tersebut. Nah, sesi itu bs merangsang niat dan skillnya u/ di masa depan membuat software Jaringan. Iya kan?

Mungkin pembelajaran di siang nanti, insya Allah, akan saya lanjutkan dengan KTurtle yang lebih mendalam lagi. Dan juga ... entahlah ide apa nanti yang saya dapatkan ^_^

Yang jelas buat siswa senyaman mungkin senang dengan setiap sesi.
Oh ya, saya juga punya ide u/ membuat semacam CBT (Computer Based Training) via Web Application (PHP/Java/.. Ruby yg belum pernah saya coba sama sekali). Jadi, u/ memantapkan pemahaman siswa, nanti siswa tinggal menjawab soal2 ujian dari desktopnya ke aplikasi Web yg ada di Laptop saya. Nah, ada yang tertarik u/ mencoba mengembangkannya? Bisa juga dipergunakan sebagai bahan Tugas Akhir. Atau thesis jika ditambahkan aspek Expert System di dalamnya ( wah, saya mengkhayal ini)


Oke, smoga bermanfaat!!!

Mari menuju Tahun Baru 2008 yg lebih baik dari Tahun 2007!!!

2 comments:

Anonymous said...

oh CBT tuh singkatannya itu, tapi terus terang ajah, konsep detailnya kayak apa sy belon ngerti, entar posting dunk bro tentang CBT

maaf kalo OOT

Eko said...

yah, semacam soal ujian dgn plihan ganda aja. nanti ada tombol NEXT u/ soal selanjutnya.

Di akhir test ada hasil jawaban : berupa jawaban salah / benar dan ada pembahasan.

Spy materi belajarnya jd bs dideteksi diserap apa enggak ^_^